Tata Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Tata Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

nickidaniels.com – Printer merupakan salah satu perangkat keras, yang biasa digunakan untuk mencetak gambar dalam suatu media kertas atau stiker. Perangkat pembantu percetakan yang satu ini umumnya digunakan untuk keperluan kantor. Karena kantor menjadi salah satu tempat yang sangat membutuhkan media percetak. Entah itu untuk keperluan dokumen, persyaratan, maupun hal lainnya.

Tata Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print
Tata Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Dari segi fungsinya printer dapat dibagi menjadi 3, yakni printer laser, printer inkjet, dan dot matrik. Dimana ketiganya memiliki fungsi dan keunggulanya masing-masing. Namun perlu diketahui bahwa printer sendiri hanya dapat dipakai saat terhubung secara langsung dengan perangkat komputer. Karena masih tergolong sebagai perangkat elektronik, maka alat ini juga sering mengalami error.

Mengatasi Printer Error Yang Tidak Bisa Ngeprint

Dan salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada perangkat tersebut adalah tidak bisa melakukan print. Alhasil banyak yang kebingungan dengan cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print. Mengingat permasalahan pada printer begitu banyaknya, dan juga berbeda-beda. Dan jika diamati secara detail, semua permasalahan tersebut memiliki solusi yang berbeda-beda pula.

Oleh karena itu kita perlu mengetahui apa saja permasalahan yang ada pada perangkat itu sendiri. Karena status ready hanya seperti sebuah instruksi bahwa print sudah benar-benar dalam kondisi terhubung dengan perangkat komputer. Sedangkan kegagalan dalam memproses printing bisa jadi sebuah permasalahan yang berbeda.

Adapun langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi hal tersebut. Dan berikut beberapa hal yang harus kita cek untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada pada printer.

1. Cek Kembali Driver Printer

Pastikan bahwa driver printer anda sudah terinstall pada perangkat komputer yang akan digunakan untuk proses printing. Hal ini harus dilakukan mengingat driver merupakan penghubung antara printer dengan komputer sebagai media remot printing.

2. Cek Katrid

Kegagalan printing bisa juga disebabkan oleh katrid yang bermasalah. Entah itu posisinya yang kurang tepat, atau keadaan katrid yang sudah tidak layak untuk digunakan. Katrid yang normal umumnya akan terdeteksi pada perangkat, dan kondisi tinta tidak keluar secara berlebihan.

3. Cek Lampu Indikator

Permasalahan pada printer umumnya bisa kita lihat dari lampu indicator. Karena disana kita akan diberikan kode-kode tertentu yang berkaitan dengan permasalahan printer. Namun jika lampu berkedip secara normal, berarti kondisi printer tidak ada masalah.

4. Pastikan Settingan Printer Sudah Sesuai

Anda juga harus memastikan bahwa setingan printer juga telah dalam posisi benar. Untuk mengeceknya anda hanya perlu masuk ke menu setting. Kemudian pilih device and printer, dan kemudian cek settingan apakah printer yang digunakan sudah dalam pengaturan yang benar.

Baca Juga : 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Itulah beberapa cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print. Perlu diingat kembali bahwa sebelum melakukan perbaikan, kita perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Agar kita bisa tau mana saja yang menjadi masalahnya, dan lanjut ke proses perbaikan.