Mengatasi Masalah Update Pada Windows 10

Menaikkan Performa Windows 10 Yang Sedang Lemot

nickidaniels.com – Sebagai pengguna Operating sistem berbasis grafik seperti windows, kita mungkin telah banyak disuguhkan dengan berbagai masalah seperti error, mising file, hingga performa yang mulai melambat. Masalah penurunan performa ini sering kali membuat jengkal para penggunanya karena semakin lama akan memberikan efek lemot pada perangkat laptop.

Masalah ini akan semakin menjadi-jadi jika OS windows anda merupakan hasil upgrade dari windows 7 ke windows 8, dan update kembali ke windows 10. Penurunan sebuah performa dari hasil upgrade ini akan menghasilkan bug yang cukup banyak. Sehingga akan berefek pada performa perangkat yang tidak secepat sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Performa OS Windows Yang Semakin Lemot

Umumnya cara mengatasi windows 10 lemot sebenarnya bisa dilakukan dengan tweaking pada bagian-bagian tertentu, atau bagian-bagian yang dirasa penting. Dan bagian-bagian yang bisa dibilang paling menentukan sebuah performa dari SO windows yang kita miliki. Berikut beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk memperbaiki performa windows tersebut.

1. Menghapus Sebuah Program Yang Sudah Tidak Digunakan Lagi.

salah satu hal yang tidak banyak diperhatikan oleh banyak orang tentang performa adalah sebuah program yang diinstall pada perangkat PC tersebut. Mengingat banyaknya program yang anda install pada perangkat laptop atau komputer, justru akan memberikan dampak yang buruk. Seperti halnya mengalami penurunan performa yang berujung lemot.

Untuk itu anda perlu menghapus dan mencopot pemasangan sebuah program tersebut. Tak perlu semua program, tetapi hanya program yang dinilai sudah tidak berguna, dan tidak anda pergunakan kembali. Caranya sangat mudah, kita hanya tinggal masuk ke control panel dan cari aplikasi yang akan di hapus melalui “uninstall a program”.

2. Mengurangi Program Startup 

Selain terlalu banyak software dan program, performa dari operating sistem tersebut juga bisa menurun akibat terlalu banyak program startup. Kebanyakan startup bisa menjadikan lemot karena proses awal terbukanya windows selalu disibukkan dengan beberapa aplikasi yang secara otomatis aktif di waktu awal welcome page windows.

Maka dari itu kita perlu menonaktifkan beberapa aplikasi dari startup dengan cara masuk melalui task manager. Untuk masuk ke taskmanager anda bisa menekan tombol windows+alt+del, kemudian pilih task manager. Diini anda tinggal masuk ke tab starup dan kemudian disable beberaoa aplikasi yang mengganggu. Lalu tinggal restart.

3. Mematikan Power Saver Plant

Mematikan power saver plant juga dapat meningkatkan performa windows anda. Walaupun fitur ini dapat digunakan untuk menghemat batrai, namun keadaan ini juga bisa menurunkan performa pada os windows anda. Untuk itu kita hanya perlu mematikannya dengan cara masuk ke control panel, kemudian pilih “Power Option”. Pindahkan cantang yang tadinya ada di power saver manjadi balance. Dan selesai.

Baca Juga : Cara Wudhu Tayamum yang Benar

Itulah beberapa cara mengatasi windows 10 lemot dengan melakukan pencopotan pemasangan software yang tidak berguna, menghilangkan startup, dan menonaktifkan fitur power saver.