Cara Wudhu Tayamum yang Benar

Cara Wudhu Tayamum yang Benar

nickidaniels.com – Agama Islam merupakan salah satu agama yang selalu memberikan cara yang paling mudah bagi semua umatnya dalam menjalankan ibadah. Contoh nyatanya yaitu dalam mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah. Sebelum menjalankan ibadah sholat, maka setiap muslim diwajibkan berwudhu. Akan tetapi cara ini dapat dilakukan jika terdapat air.

 

Lalu, bagaimana jika Anda kesulitan menemukan air untuk bersuci atau terdapat air namun jumlahnya tidak mencukupi. Nah, dalam kondisi seperti ini maka umat muslim diberikan keringanan yaitu bersuci dengan cara wudhu tayamum. Cara bersuci ini dilakukan dengan mengusapkan debu pada bagian wajah  serta tangan. 

 

Cara Bertayamum yang Wajib Anda Perhatikan

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika seorang muslim melakukan tayamum, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Bertayamum merupakan adab bersuci yang hanya boleh dilakukan ketika sudah masuk waktu sholat.
  2. Jika alasannya karena kesulitan mendapatkan air, maka hal itu telah dibuktikan bahwa setelah masuk waktu sholat Anda sudah berusaha mencari air namun tidak menemukannya.
  3. Tanah atau debu yang digunakan untuk bersuci harus lembut dan bersih. Itu artinya debu tersebut tidak dalam kondisi basah dan tidak tercampur dengan kotoran, tepung, batu atau benda-benda lainnya.
  4. Bertayamum merupakan pengganti wudhu dan mandi besar, namun bukan pengganti untuk menghilangka najis. Jadi sebelum bertayamum, maka najis tetap harus disucikan terlebih dahulu.
  5. Dalam satu kali bertayamum, maka hanya bisa digunakan untuk 1 kali sholat fardhu. Namun seusai sholat fardhu, maka masih bisa diikuti dengan membaca Al-Qur’an, sholat jenazah atau ibadah-ibadah yang lainnya. 
  6. Antara wudhu dan tayamum terdapat perbedaan. Jika wudhu memiliki 6 rukun yang harus dilakukan, akan tetapi tayamum hanya terdapat 4 rukun, diantaranya yaitu niat di dalam hati, mengusap bagian wajah, mengusap telinga dan tertib.

 Baca Juga : 

Langkah-langkah Bertayamum dan Bacaan Niatnya

Adapun bacaan niat dan tata cara melakukan tayamum yang benar yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama siapkan debu bersih.
  2. Usahakan untukmenghadapkiblat, melafazkan basmallah dan letak kan kedua tapak tangan di atas debu dengan menggunakan jari-jari tangan yang dirapatkan.
  3. Usapkan pada bagian seluruh wajah dengan melafalkan niat di dalm hati. Berikut adalah niatnya:

   NAWAITUT TAYAMMUMA LISSTIBAAHATISH SHALAATI FARDLOL LILLAAHI TA’AALAA

  1. Telapak tangan letakkan kembali di atas debu, kali ini posisi jari-jari harus direntangkan kemudian dilepaskan dengan sementara.
  2. Tempelkan tapak tangan sebelah kiri ke punggung bagian lengan jempol atas punggung tangan kanan, kurang lebih bagian jari dari salah satu tangan jangan sampai melebihi jari telunjuk maupun lainnya.
  3. Usapkan telapak tangan kiri ke bagian punggung lengkanan kanan hingga hingga ke siku dan balikkan telapak kanan sebelah kiri di bagian lengan kanan dalam. Terakhir usapkan sampai dengan pergelangan.
  4. Terakhir, usapkan bagian jempol dalam ke punggung jempol yang kanan dan lakukan 
  5. Terakhir pertemukan bagian kedua telapak tangan Anda dan usap-usapkan di antara jari-jarinya.