Cara Membuat Video Pembelajaran Daring yang Berkualitas

Cara Membuat Video Pembelajaran Daring yang Berkualitas

nickidaniels – Bagi seorang tenaga pendidik atau pengajar, proses belajar mengajar bisa dilakukan secara online (daring) maupun offline (luring). Namun karena pandemi, kebanyakan proses belajar mengajar hanya diperbolehkan secara online. Inilah mengapa para tenaga pendidik tetap maupun honorer harus menguasai cara membuat video pembelajaran yang efektif dan efisien. 

Karena ahli atau tidaknya seorang tenaga pendidik terlihat dari cara membuat video pembelajaran daring. Dengan begitu, Anda sebagai seorang guru pastinya harus menguasai cara mengolah video tersebut agar nantinya tetap terlihat profesional di kala pandemi. Berikut ini berbagai langkah untuk menyusun video untuk pembelajaran yang mampu menonjolkan kelihaian Anda dalam mengajar. 

Tips Menyusun Video Untuk Pembelajaran Peserta Didik 

Video untuk pembelajaran adalah gambar bergerak (motion pictures) yang disertai dengan adanya suara sebagai sarana menjelaskan materi pelajaran yang bersangkutan. Ada berbagai langkah yang harus Anda lakukan jika ingin menyusun video learning, berikut ini diantaranya : 

 

  • Siapkan materi 

 

Ketika Anda ingin melakukan pembuatan video learning,terlebih dahulu persiapkan materi yang akan disampaikan. Usahakan untuk membuat pembahasan yang unik dan menarik, serta berbeda dari materi-materi yang telah diajarkan lainnya. Anda harus menyampaikan materi yang akurat akan tetapi diselingi dengan berbagai pernyataan yang otentik dari diri Anda sendiri agar para murid tidak bosan. 

Anda bisa menulis pokok pembahasan yang akan disampaikan tersebut pada selembar kertas atau pada aplikasi catatan digital seperti Notepad agar nantinya bisa dipelajari atau bahkan dikoreksi. Langkah ini sangat penting untuk membantu kelancaran proses rekaman Anda. 

 

  • Persiapkan alatnya 

 

Anda juga harus menyiapkan berbagai alat untuk melakukan rekaman video, seperti HP (smartphone / ponsel pintar) dan peralatan lighting. Atau jika Anda menghendaki kualitas video yang lebih baik, Anda bisa gunakan kamera agar video yang dibuat hasilnya benar-benar bagus. 

 

  • Melakukan proses rekaman 

 

Langkah selanjutnya adalah melakukan proses rekaman dari awal materi hingga selesai. Pada proses ini, alangkah lebih baiknya jika Anda berbicara mengenai materi pembelajaran sambil direkam dari sisi depan, sehingga para murid bisa melihat gestur tubuh Anda seluruhnya saat menjelaskan. Usahakan melakukan penjelasan seperti mengajar di kelas secara offline

Hal yang perlu diperhatikan selain pokok pembahasan yang disampaikan adalah gerak tubuh serta artikulasi Anda ketika berbicara. Jika lafal pengucapan Anda kurang benar atau kurang cakap, maka murid juga akan malas menonton videonya. Kemungkinan terburuk, mereka akan gagal memahami apapun yang Anda ajarkan. 

 

  • Melakukan editing

 

Video untuk pembelajaran pada umumnya tidak perlu diedit secara muluk-muluk, cukup diedit dari segi kerapian video saja. Akan tetapi ada juga tenaga pengajar yang melakukan editing makro pada videonya karena ingin menonjolkan pula sisi kreativitasnya dalam mengolah video. Dengan video yang telah diedit dengan rapi, para peserta didik pasti akan semakin semangat belajar. 

Baca Juga : Cara Buat NPWP Online Praktis Lewat Website

Itulah berbagai cara membuat video pembelajaran yang memang sangat dianjurkan untuk para guru di masa pandemi. Semoga bermanfaat!