Bentuk Persen Dari 4 Per 5 Adalah

Bentuk Persen Dari 4 Per 5 Adalah

nickidaniels.com – Dalam pelajaran matematika, pasti tidak lagi asing dengan istilah persentase atau perseratus. Persentase adalah perbandingan untuk menyatakan pecahan dari 100. Persentase ini disimbolkan dengan %. Umumnya, persentase digunakan dalam usaha jual beli atau perdagangan. yang lebih dikenal dalam bentuk diskon.

 

Kerapkali, diskon diberikan oleh pedagang memiliki sifat sedikit menjebak orang awam. Oleh karena itu, supaya hal tersebut tidak terjadi, anda harus paham mengenai cara menghitung persen secara benar. Supaya mudah dimengerti, pelajarilah secara lengkap beserta pembahasannya mengenai cara hitung persen dengan baik dan benar.

Langkah Menghitung Persen

  1. Pahami makna pecahan

Pecahan merupakan perbandingan antara angka pembilang dan penyebut. Contoh umumnya adalah sebuah pizza dipotong menjadi 5 bagian sama besar. Angka 5 bisa dijadikan penyebut sebab, mencerminkan jumlah keseluruhan bagian pizza. Sementara itu, untuk pembilang dapat diartikan sebagai cerminan dari angka yang terpilih. 

Apabila mengacu pada posisinya, pembilang terletak sebelum atau di atas garis. Sedangkan penyebut merupakan angka yang terletak di bawah atau setelah garis. Sebagai contoh 4 per 5, maka bisa ditulis 4/5.  

  1. Pahami hubungan perseratus

Persentase merupakan pecahan yang penyebutnya selalu 100. Dimana terdapat rumus baku untuk bisa menghitungnya yakni persentase (%)= jumlah bagian/jumlah keseluruhan X 100%. Contohnya adalah bentuk persen dari 4/5. Dimana cara menghitungnya adalah 4/5 X 100%. Sehingga dapat diperoleh hasil 0,8%. 

Namun, jika masih kesulitan menggunakan cara tersebut, anda tentu bisa menggunakan cara lain, yakni mengubah penyebutnya menjadi 100. Misalnya 4/5. Apabila penyebutnya harus diubah menjadi seratus, maka angka 5 perlu dikalikan angka 20. Barulah setelah itu, penyebut juga dikalikan 20. Sehingga akan diperoleh hasil 80/100 atau 0,8% jika diubah ke bentuk desimal.

Sementara itu, jika angka sudah dalam bentuk bilangan desimal, perhitungan menjadi persen akan jadi lebih mudah. Sebab sistem penomoran bilangan desimal didasarkan faktor 10. Sehingga, anda dapat mengubah desimal ke perseratus hanya dengan memindahkan tanda koma. Misalnya bilangan desimal 0,8 bisa diubah menjadi 80%. 

Jadi, pada dasarnya koma akan bergeser ke kanan dari bilangan desimal tersebut jika harus diubah menjadi bentuk persen.   

  1. Koreksi jawaban

Apabila anda masih kurang percaya dengan hasil hitungan sendiri, sebaiknya gunakan kalkulator untuk mengoreksi jawabannya. Kalkulator merupakan alat hitung yang bisa digunakan dalam berbagai bentuk bilangan. Begitu pula, jika digunakan untuk mengubah pecahan menjadi perseratus. Namun, perlu diingat pecahan itu sama saja bentuknya dengan pembagian.

Sehingga, apabila ingin menggunakan kalkulator sebagai pembuktian atas jawaban anda, maka tanda / bisa diganti dengan ÷, jika tanda / tidak ada. Selain itu, jangan heran jika nantinya kalkulator akan memberikan hasilnya dalam bentuk desimal. Misalnya jika 4/5, maka kalkulator akan memberikan perhitungan 4÷5 menjadi 0,8. 

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Google di HP

Begitulah penjelasan mengenai cara menghitung persen secara benar. Ikutilah langkah-langkah tersebut supaya jawabannya tepat.