3 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Paling Efektif dan Manjur

3 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Paling Efektif dan Manjur

nickidaniels.com – Memiliki buah hati yang masih berusia nol bulan sampai dengan 3 tahun memang cukup membahagiakan. Pada masa golden age ini anak mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, mulai belajar merangkak, berjalan, berbicara dan mulai berinteraksi dengan orang lain serta active bermain. Pada masa-masa ini lah anak sering menunjukkan tingkah laku lucu dan sangat menggemaskan. Akan tetapi, bagaimana jika tiba-tiba masalah pencernaannya mengalami masalah?

3 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Paling Efektif dan Manjur
3 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Paling Efektif dan Manjur

Semua orang tua akan merasa panik dan mencari solusi yang tepat serta aman. Masalah ini disebabkan karena terjadinya gangguan pada saluran pencernaan. Meskipun gangguan ringan, namun setiap orang tua juga tidak boleh menyepelekannya. Karena jika dibiarkan dan tidak dicari penyebabnya maka bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang serius. Lantas, bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi yang mudah dan aman?

 

Penyebab Anak Mengalami Perut Kembung dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bayi memang sangat rentan terhadap paparan gas yang masuk kedalam organ tubuhnya. Sumber gas tersebut bisa berasal dari makanan, minuman atau udara yang masuk saat si kecil menghisap dot. Sejumlah gas yang masuk ke tubuh jika tidak segera dikeluarkan maka dapat menyebabkan perut menjadi kembung. 

Biasanya jika tidak segera mendapat penanganan, maka akan menyebabkan si kecil menjadi rewel karena ketidaknyamanan di dalam perutnya. Ciri-cirinya, perut jika diraba akan terasa lebih keras dan menggembung tidak seperti biasanya. Untuk mengatasinya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Perhatikan posisi bayi saat menyusu

Saat Anda memberikan susu pada bayi, baik menggunakan dot atau menyusu ASI maka pastikan dengan posisi yang tepat agar tidak ada udara yang ikut masuk tertelan. Caranya, meletakkan posisi kepala bayi lebih tinggi dibandingkan dengan perut bayi saat menyusu atau menghisap dot. 

Dengan cara ini, maka susu akan mengalir lancar ke dalam dasar lambung, sehingga akan membantu bayi mengeluarkan gas lebih mudah melalui sendawa. 

  • Peralatan harus tepat

Jika bayi Anda menyusu menggunakan dot, maka harus perhatikan dengan teliti peralatannya. Karena pada botol bayi terdiri  berbagai jenis ukuran, baik dotnya maupun botolnya. Anda dianjurkan untuk memilih jenis dot yang sesuai dengan usia si bayi. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan dot dengan tipe slower-flow. Dot jenis ini mampu mengatur aliran susu agar si kecil tidak terlalu cepat saat menghisap. Jika volume terkontrol dengan baik, maka resiko terjadinya kembung pun dapat diminimalisir. 

  • Pemijatan

Jika Anda mengetahui bahwa si kecil terdapat indikasi mengalami kembung, maka segera lakukan pemijatan pada bagian kaki dan perut secara lembut. Pemijatan tersebut dilakukan seperti gerakan mengayuh sepeda. Anda bisa baringkan bayi di atas tempat tidur. Gerakan ini akan membantu gas cepat keluar dari perut.

  • Asupan makanan harus diperhatikan

Semua orang tua sudah pasti akan memberikan nutrisi terbaik pada si buah hati. Namun banyak orang tua yang kurang mengetahui jenis makanan yang menyebabkan kembung di perut. Buah dan sayuran termasuk jenis makanan yang kaya akan nutrisi, akan tetapi jika diberikan secara berlebihan akan menyebabkan kurang nyaman di perut seperti kembung. 

 Baca Juga : Tata Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi di atas dapat Anda lakukan secara mandiri. Anda bisa berkolaborasi dengan dokter yang lebih memahami masalah tersebut. Dengan begitu Anda bisa memberikan yang terbaik untuk si buah hati.